Diizinkan Main Di Olimpiade, Son Sumringah

Keinginan Son Heung-Min untuk bermain dalam Olimpiade 2016 bersama tim nasional Korea Selatan akhirnya bisa tewujud. Ini setelah Son mendapat izin dari klubnya Tottenham Hotspur.

Pada bulan Maret lalu, pelatih Korsel Uli Stielike memutuskan untuk tidak memanggil Son pada laga-laga internasional di bulan tersebut. Sebagai timbal baliknya, Stielike berharap Tottenham akan mengijinkan Son tampil di Olimpiade 2016 yang akan dilangsungkan di Rio de Janeiro, Brasil, bulan Agustus mendatang.

Tiap tim yang berlaga di Olimpiade diizinkan untuk memasukkan paling banyak tiga pemain yang berusia di atas 23 tahun ke dalam squadnya. Son sendiri akan berusia 24 tahun pada 8 Juli 2016 mendatang. Son dan manajemen timnas Korsel pun harap-harap cemas menanti izin dari Tottenham mengingat Olimpiade tidak masuk dalam kalender FIFA, sehingga klub punya wewenang untuk menolak permintaan dari federasi sepakbola sebuah negara.

Namun, kabar baik akhirnya diterima oleh mantan pemain Bayern Leverkusen itu karena The Lilywhites akhirnya memberikan izin kepada Son untuk tampil di Olimpiade musim panas, yang akan diselenggarakan pada 5 hingga 21 Agustus 2016 mendatang.

“Tottenham sudah memberi izin kepada saya untuk bermain di Olimpiade Rio, tapi yang paling penting adalah kapan saya dilepas. Saya ingin bergabung secepat mungkin bersama tim Olimpiade dan bermain dengan rekan-rekan saya,” ungkap Son kepada seperti yang dikutip dari Soccernet.

“Tujuan utama saya adalah membantu timnas Korea Selatan memenangkan kembali medali emas Olimpiade. Saya juga akan berlatih sekeras mungkin agar bisa dipanggil secepatnya,” sambungnya.

Korsel tergabung dalam Grup C bersama dengan kesebelasan Jerman, Fiji, dan Meksiko. Laga perdana Korsel adalah berhadapan dengan Fiji pada 4 Agustus mendatang. Itu artinya Son tidak akan ikut dalam tur pramusim yang sedang dilakukan Tottenham mulai pertengahan Juli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *