Kalahkan Italia, Republik Irlandia Lolos Ke Babak 16 Besar

Kesebelasan Republik Irlandia menunjukkan permainan yang sangat luar biasa saat mengalahkan tim nasional Italia. Pelatih timnas Irlandia, Martin O’Neill, mengaku jika dia merasa sangat bangga dengan penampilan yang ditunjukkan oleh para pemainnya.

Untuk lolos ke babak 16 besar Piala Eropa 2016, Irlandia wajib meraih kemenangan atas Italia pada pertandingan di Stade Pierre-Mauroy, Lille Metropole, Kamis 23 Juni 2016 dinihari WIB. Sebaliknya, Italia yang sudah pasti lolos dan menjadi juara grup bisa main tanpa beban. Karena itulah Italia menurunkan banyak pemain pelapis dalam laga tersebut.

Sejak awal pertandingan, Irlandia sudah berusaha menekan Italia. Permainan cepat dari Irlandia membuat Italia keteteran. Barisan belakang yang dijaga oleh trio bek Andrea Barzagli, Leonardo Bonucci, dan Angelo Ogbonna pun harus bersusah payah untuk meredam berbagai gempuran dari Irlandia.

Melalui kerja keras tanpa kenal lelah, Irlandia akhirnya mendapatkan gol pada menit ke-85. Robbie Brady melompat pada saat yang tepat untuk menyundul bola hasil operan dari Wes Hoolahan. Sundulan itu berbuah gol yang membuat kesebelasan Irlandia unggul 1-0 atas Italia. Skor tersebut tidak berubah hingga akhir laga.

“Belum pernah sayan merasa sebangga ini kepada sekelompok pemain. Ini terasa sangat spesial. Kami mendapatkan dukungan luar biasa dari para suporter dan semangat mereka membuat kami terus berjuang. Saya pikir para suporter dan pemain saling membantu satu sama lain,” ungkap O’Neill seperti yang dilansir dalam situs resmi UEFA.

Irlandia sendiri berhak melaju ke fase knockout setelah menempati peringkat ketiga di Grup E Piala Eropa 2016. Mereka menjadi salah satu dari empat tim peringkat ketiga yang melaju ke babak 16 besar. Di babak 16 besar, Irlandia akan berhadapan dengan tim tuan rumah, Prancis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *