Timnas Prancis Duduki Peringkat Pertama Favorit Juara Piala Eropa

Untuk kali ketiga sepanjang kompetisi Piala Eropa diadakan, tim nasional Prancis bertindak sebagai tuan rumah. Sama seperti edisi tahun 1984 silam, Les Bleus dijagokan akan bisa merayakan pesta juara di rumah mereka sendiri.

Dua kesempatan pertama Prancis menjadi tuan rumah adalah di Piala Eropa tahun 1960 dan 1984. Jika pada edisi perdana – yang hanya diikuti empat kontestan, mereka kalah di pertandingan pertama, sementara di turnamen kedua Les Bleus berjaya setelah mengalahkan Spanyol 2 – 0 di partai final.

Pada tahun 2016 ini, Prancis kembali ditunjuk untuk menjadi tuan rumah. Lolos otomatis ke putaran final, Prancis menggelar cukup banyak laga ujicoba untuk menguji kemampian mereka. Hasilnya terbilang impresif karena dalam setahun ke belakang mereka menjalani 10 pertandingan dengan hasil delapan kemenangan dan menelan dua kali kekalahan.

Terkait susunan pemain, walaupun tidak diperkuat oleh Karim Benzema, amunisi utama Prancis ada di lapangan tengahnya. Deschamps memiliki barisan gelandang yang dinamis dengan keberadaan gelandang top dunia seperti Paul Pogba, Blaise Matuidi, Dmitri Payet dan N’Golo N’Kante.

Status tuan rumah serta hasil persiapan yang mengesankan membuat Antoine Griezmann dan kawan-kawan berada dalam posisi teratas daftar unggulan juara Piala Eropa 2016.

Sementara yang menghunni posisi dua daftar unggulan juara adalah timnas Jerman. Tidak diperkuat oleh Philipp Lahm, juara Piala Dunia 2014 ini sempat menelan kekalahan dari Republik Irlandia pada babak kualifikasi, kemudian tunduk saat berhadapan dengan kesebelasan Slovakia di laga ujicoba beberapa waktu lalu. Sementara sang juara bertahan, Spanyol menempati posisi ketiga daftar unggulan juara.

Meraih sapu bersih pada fase kualifikasi, timnas Inggris ditempatkan di posisi empat kandidat juara. The Three Lions berada di atas Belgia yang menghuni posisi lima. Sementara timnas Italia berada di posisi tujuh daftar unggulan juara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *